MYSTERIOUSBLOG

FYI

Sucuriju gigante, Legenda Atau Nyata?

Posted by Garfield on June 10, 2011 at 11:01 PM

Hello readers, udah lama ni nggak nulis di web abal-abal ini... daripada banyak cing cong mending kita lihat aja deh uler yang bikin aku gilo (bukan ulat bulu yang unyu-unyu :3 loh).O iya ulernya kayak uler punya Orochimaru -__- untung nggak ada Gama Bunta ato Kyuubi.


Ehemm... Pertama-tama kukenalin dulu ya peliharaan baruku :P namanya Sucuriju gigante boleh panggil Sucu, Riju, Cucu, Juju, Giga, asal jangan Tante ya... nanti digigit.

Okeh, omongan ngaco tadi nggak usah dihiraukan. Readers pasti udah tau kan ular Anakonda? Bahkan film nya aja udah banyak banget. Nah, di film Anaconda #2 ularnya kan gede-gede banget tu, kayaknya di dunia kita sekarang belom ditemukan ular yang ukurannya segitu ngerinya. Tapi, di Amazon ada legenda yang mengatakan kalo ada Anakonda yang ukurannya bisa sampe 40 meteran, diameternya 80 cm, dan beratnya sekitar 5 ton. Yah, mungkin ularnya kayak batangnya pohon kelapa. Konon, ular ini adalah pencipta sungai Amazon. Kayaknya ceritanya ngawur deh, soalnya anak TK aja tau pencipta Sungai Amazon kan Tuhan. Ya udahlah namanya juga dongeng.


ehm... Mari kita liat cerita berikut ini....

Jaman dulu, sewaktu Paus memberikan bagian Amerika Selatan kepada Spanyol dan bagian lainnya ke Portugis dalam perjanjian Tordesilla, Spanyolpun pergi menelusuri hutan di Amerika Selatan. Pulangnya mereka bawa buah tangan, tapi berupa cerita. Mungkin si penjelajah ini lagi bokek. Katanya sewaktu mereka jelajah-jelajah mereka melihat ular besar yang mereka sebut matora, ato pemakan banteng. Menurut laporan ularnya berukuran 80 kaki panjangnya.

Nah, kalo kata Iker Casillas, ups, maap, kata Colonel Percy Fawcett; orang yang dikirim untuk membuat peta Amazon; dia bertemu dengan ular gede yang panjangnya 62 kaki (Buset ni orang sempet-sempetnya ngitung...). Kejadian inipun ia tulis dalam buku hariannya, ini kutipannya:

                  "Aku mengambil senapan untuk menembak makhluk yang mulai membuatperahu kami kandas, aku menembaknya tepat di tulang belakangnya dengan kaliber 44. Kami melangkah mendekati darat dan mendekati makhluk dengan hati-hati. Sejauh yang dapat diukur, panjangnya 45 kaki terapung di air dan 17 kaki di dalam air, sehingga total panjang 62 kaki . Tubuhnya tidak tebal, tidak lebih dari 12 inci diameternya, tapi mungkin sudah lama tanpa makanan. "

Victor Heinz juga mengaku melihat ular ini pada tahun 1952, ketika berada di Rio Negro, sungai Amazon. Kemungkinan ular itu adalah Anakonda. Menurutnya ular ini memiliki panjang sekitar 80 kaki dan tubuhnya setebel drum minyak.

Ada lagi ni cerita dari Bernard Huevelmans yang mencatat pertemuannya dengan seekor Anakonda bersama sekumpulan orang Prancis dan Brazil. Ini kutipannya:

                 "Kami melihat ular itu sedang tidur di padang rumput. Kami segera melepaskan tembakan ke arah tubuhnya. Tembakan tersebut membuatnya kejang dan ia mencoba untuk lari., tetapi kami berhasil mengejar dan menghabisinya. Saat itulah kami menyadari betapa besarnya ular tersebut ketika kami mengitari tubuhnya yang sepertinya tidak akan pernah berakhir. Yang membuat aku kagum adalah kepalanya yang besar berbentuk segitiga, besarnya 24 inci. Kami tidak punya alat untuk mengukur binatang ini, jadi kami merentangkan tangan kami untuk mengukurnya. Kami menyimpulkan kalo makhluk ini panjangnya 23 meter (75 kaki).

dordordor..... kieekkk (anggap aja suara ular mati)

Ilmuwan tidak pernah menganggap cerita saksi mata sebagai bukti, mereka butuh dokumentasi yang baik atau ularnya untuk diteliti, tapi kayaknya bawa ularnya keluar dari hutan itu sulit. Alasannya, sulit untuk melakukan perjalanan di Hutan Amazon, apalagi bawa-bawa ular segede 80 kaki, dan berat mencapai beberapa ton. Bukti foto adalah satu-satunya yang mungkin. Sampai tahun 40-an tidak ada bukti foto Sucuriju sampai akhirnya terhenti pada tahun 1948.

Kalo kata The Diario, sebuah koran dari Pernambuco, Brazil, tanggal 24 Januari 1948 nerbitin artikel yang judulnya "Anaconda Seberat 5 Ton". Gambarnya menunjukkan bagian anaconda yang ditangkap oleh ras Indian. Mereka menangkapnya saat anaconda itu tidur setelah makan banteng, mereka menggantung anaconda itu di pohon, dan mengukurnya. Panjangnya 131 kaki. Empat bulan kemudian Casillas lahir, eh, belum... 4 bulan kemudian sebuah koran dari Rio berjudul A Noite Illustrada menampilkan foto anaconda yang dibantai oleh Milisi. Panjang ularnya mencapai 115 kaki. Sayangnya Herpetologist tidak menerima foto-foto yang menjadi bukti ular yang ukurannya lebih gede dari anaconda. Mereka menggangap ukurannya hanya 35 kaki. Pada foto yang pertama tidak ada skala yang dapat digunakan sebagai pembanding kecuali gubuk reyot yang jadi background, sehingga dapat diasumsikan bahwa ular itu hanya anaconda berukuran normal yang umum berada di wilayah tersebut. Kemudian pada tahun 1959 banyak dihasilkan bukti yang lebih jelas.


Kolonel Rene van Lierde sedang mengendarai helikopter di atas Provinsi Katanga, Belgia Kongo. Terus ular raksasa itu tiba-tiba menjulang ke atas untuk nyerang helikopternya si Kolonel. Terus Kolonel Rene mengambil beberapa foto dari ular tsb dan melanjutkan perjalanannya, takut diserang lagi. Dia memperkirakan panjangnya sekitar 40-50 kaki. Nah, ada yang bilang kalo Sucuriju ini adalah ular prasejarah Gigantophis.

fotonya Kolonel Rene. Kayak cacing tanah deh -,-

Jadi, sampe sekarang belom ada yang bisa nangkep ato merekam Sucuriju, jadinya manusia belom pada tau deh, apakah ular ini beneran ada apa bo'ongan. Kalo aku sih, nganggepnya ular yang gede tu ya Piton sama Anakonda. Mungkin orang jaman dulu salah ngukur, atau emang beneran ada aku juga nggak tau. Hanya Tuhan yang tau. Sekiann ya....

Gigantophis

(Cryptozoology, Harits Crypto)

 


       

Categories: None

Post a Comment

Oops!

Oops, you forgot something.

Oops!

The words you entered did not match the given text. Please try again.

Already a member? Sign In

0 Comments